Contoh Penelitian Hadis

Contoh Penelitian Hadis

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عِيسَى أَخُو سُلَيْمٍ الْقَارِيُّ عَنْ الْحَكَمِ بْنِ أَبَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيُؤَذِّنْ لَكُمْ خِيَارُكُمْ وَلْيَؤُمَّكُمْ قُرَّاؤُكُمْ

Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Husain bin Isa -saudara Sulaim Al Qari`- dari Al Hakam bin Aban dari Ikrimah dari Ibnu 'Abbas ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hendaklah yang mengumandangkan adzan adalah paling baik di antara kalian, dan yang menjadi imam adalah yang paling baik bacaannya di antara kalian." (Ibnu  Majah 718, 726)
Adapun cara yang diambil adalah jalur dari: Nabi SAW Ü Ibnu Abbas ÜIkrimah ÜAl Hakam Ibnu Aban ÜHusain bin Isa – saudara Sulaim Al Qari ÜUtsman Ibnu Abu Syaibah. Berikut ini identitas para sahabat yang terlibat dalam periwayatan hadis.

Ibnu Majah

            Nama beliau adalah Muhammad bin Yazid bin Majah al Qazwini. Sebutan tersebut berkaitan dengan gelar ayahnya. Sementara itu al Qazwini juga dianggap sebagai nama lain yang dinisbatkan kepada Ibn Majah, karena tempat tersebut merupakan tempat beliau tumbuh dan berkembang. Beliau lahir pada tahun 209 H/824 M dengan nama kuniah Abu Abdullah. Yang pernah dikunjunginya adalah Khurasan : Naisabur dan kota lainnya ; al Ray ; Iraq: Bagdad, Kufah dan Madinah; Syam: Damaskus dan Hims. Guru beliau adalah Ali Bin Muhammad Al Tanafasy Dan Jubaroh Ibn Al-Mughis, Mus’ab Ibn Abdullah Al-Zubairi, Abu Bakar Ibn Abi Syaibah, Muhammad Ibn Abdullah Ibn Namir, Hisyam Ibn Amr, Muhammad Ibn Rumh, dll. sedangkan murid beliau adalah Muhammad Ibn Isa Al-Abhari, Abu Hasan Al-Qattan, Sulaiman Ibn Yazid Al Qazwini, Ibn Sibawaih.
               Penilaian para ulama terhadap beliau : Al-Hafizh Al-Khalili menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang yang tsiqah kabir, muttafaq ‘alaih, dapat di jadikan sebagai hujjah, memiliki pengetahuan yang mendalam dalam masalah hadits, dan hafalan.” Al-Hafizh Adz-Dzahabi menuturkan; "(Ibnu Majah) adalah  seorang hafizh yang agung, hujjah dan ahli tafsir." Al-Mizzi menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang hafizh, pemilik kitab as sunan dan beberapa hasil karya yang bermanfa’at.” Ibnu Katsîr menuturkan: “Ibnu Majah adalah pemilik kitab as-Sunnan yang Masyhur. Ini menunjukkan ‘amalnya, ‘ilmunya, keluasan pengetahuannya dan kedalamannya dalam hadits serta ittibâ’nya terhadap Sunnah dalam hal  perkara-perkara dasar maupun cabang.
               Hasil karya beliau : Kitab as-Sunan, Tafsir al-Qur’an Karim, Kitab at-Tarikh yang berisi sejarah mulai dari masa ash-Shahabah sampai masa beliau. Beliau menyusun kitabnya dengan metode fiqh, yang tersusun 32 kitab, 4.000 hadis. Syaikh Muhammad Fuad Abdul Baqi menghitung adasebanyak 4.241 hadis didalamnya.

1.      Ibnu Abbas
       Nama beliau adalah Ibnu Abbas Bin Abdullah Bin Abdul Muthallib Bin Manaf Al Qarsyi. Beliau lahir saat imam ‘Ali terbunuh. Beliau wafat pada tahun 185 H atau dalam usia 72 tahun. Beliau kalangan sahabat. Adapun guru beliau, yaitu ayahnya Ibnu Abbas, Abi Hurairah, Ibnu Umar, Abu Sa’id, Ubay bin ka’ab dll. Sedangkan murid beliau ‘Isa, Dawud, Sulaiman, Ikrimah, Abdul Shamad, Zuhri, Mansur bin Mu’tar, Sa’id bin Ibrahim, Ali bin Abi Hamlah, dll. Beliau meriwayatkan 1.660 hadis, beliau juga mengikuti perang Hunain, Thaif, Penaklukan Makkah, Haji Wada’, Menyaksikan penaklukan Afrika bersama Ibnu Abi As-Sarh, Perang Jamal dan Perang Shifin bersama Ali bin Abi Thalib. Penilaian ulama terhadap beliau Ibnu Sa’id : Tsiqah Qalil Hadis.

2.      Ikrimah
       Nama beliau adalah Ikrimah Maula Abdullah Ibnu Abbas Abu Abdullah Al-Madani. Nama kuniyahnya Abu Mujallad Negeri semasa hidup Madinah. Beliau meninggal pada usia 107 tahun pendapat al-Bukhari, sedangkan 105 menurut ‘Umar Ibn Ali. Adapun guru beliau Abu Sa’id al-Khudhari, Ibnu Abbas, ‘Aisayah, Abi Hurairah,  Sedangkan murid beliau Al Hakam Ibnu Aban, asy-Sya’bi, Jabir, Ibnu Zaid, Ibnu Khausyab, dll. Penilaian ulama mengenai beliau, Abu Zur’ah : Mishri Tsiqoh, Ibrahim bin Ya’qub al-Juzjani, Ahmad bin Hambal : Sholih al-Hadis, An-Nasa’i : Tsiqoh. Ibnu Mahdah berkata : Ikrimah dipandang adil oleh 70 tabiin, ini suatu kedudukan yang hampir tidak diperoleh oleh orang lain. Orang yang mencacinya pun meriwayatkan juga hadits darinya.

3.      Al Hakam Ibnu Aban
       Nama beliau adalah Ibrahim bin Al-Hakam bin Aban an-Naisabury. Negeri semasa hidup Yaman. Beliau kalangan Tabiin. Beliau wafat pada tahun 154 H. Adapun guru beliau Ikrimah Maula Ibnu Abbas, Yazid bin Abi Hakam, Ibnu Abbas, Salamah Bin Ja’far, Abu Muhammad, Abu Abdillah an-Naisabury, Ibnu Mundih, Qatadah, Mujahid, Thawus, Idris bin Sanan, Walid bin Kariz, dll. Sedangkan muridnya adalah Husain bin Isa, Farqad, Putranya Ibrahim, Ibnu ‘Ainah, Ibnu Jarij, Mu’tamar bin Sulaiman, Ibnu ‘Aliyah, Musa bin Abdul ‘Aziz, dll. Penilaian ulama mengenai beliau, Yahya bin Mu’in dan an-Nasai : Tidak Tsiqah, Ibrohim bin Ya’qub al-Jurjani : Gugur, Abu Fatah al-Azdi : Matruk, Abu Zur’ah : Tidak ada kekuatan (Dhoif), Abu Khatim : Majhul.

4.      Husain bin Isa - saudara Sulaim Al Qari’
       Nama beliau adalah al-Husain bin ‘Isa bin Muslim al-Hanafi. Beliau kalangan Tabiut Tabiin. Negeri semasa hidup Kufah. Adapun guru beliau Al Hakam Ibnu Aban, Ma’mar bin Rasyid. Adapun Murid beliau Ibrohim bin Ali al-Matbakhi, Ishaq bin Musa al-Anshori, Ismail bin Musa al-Fazari, Abu Sa’id Abdullah bin Si’id al-Asyaj, Utsman Ibnu Abu Syaibah, Ibrohim bin Ismail bin Basyr bin Sulaiman, Abu Kuraib Muhammad bin ‘Ula, Abu Hamam al-Walid bin Syujja’, Yahya bin Abdul Hamid al-Himmani. Penilaian ulama terhadap beliau, al-Bukhari : Majhul, Abu Zur’ah, al-Hakam bin Aban : Munkar al-Hadis, Abu Khatim : Laisa bi Qawi Abu Khatim bin Hibban : Tsiqah, Abu Abdur Rahman : Dhoif.

5.      Utsman Ibnu Abu Syaibah
       Nama beliau adalah Muhammad bin Utman bin Abi Syaibah Abu Ja’far al-Absyi al-Kuffi. Negeri semasa hidup Kufah. Beliau wafat pada tahun 287 H atau dalam usia 80 tahun menurut Naif. Adapun guru beliau Abdullah bin Numair, Hasyim bin Muhammad, Yahya bin Adam, Dawud bin Abdullah, Waqi’, Muhammad bin Ja’far, Husain bin Isa, Ali bin al-Madani, Yahya bin Ma’in, Jarir, dll. Sedangkan murid beliau Hasan bin Sofyan, Abu Dawud, Husain Bin Idris al-Anshori, Ibnu Majah, Hambal bin Ishaq, dll. Pendapat ulama mengenai beliau Ibnu ‘Adi : Munkarul Hadis, Ibnu Khiras : Yudho’ul Hadis, Abdullah bin Ahmad bin Hambal : Dusta.

Dari kajian sanad di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sanad hadis diatas memenuhi syarat kesahihan sanad. Semua syarat kesahihan sanad telah dapat dipenuhi. Syarat-syarat kesahihan sanad ialah ketersambungan sanad. Semua periwayat yang tercantum diatas mempunyai relasi antara Guru-Murid. 

Daftar Pustaka
Abdillah, Yaqut Ibnu. Mu’jam al-Buldan, Jilid IV Beirut: Daarul al-Kutub al-Ilmiyah, 1990.
Asqolani, Ibnu Hajar al. al-Isobah fiTamyizil Asobah, Juz 4. Beirut: Daarul al-Kutub al-Ilmiyah, 2003.
_______, Ibnu Hajar al. Lisan al-Mizan, Juz 5. Beirut: Daarul Kitab al-Ilmiyah, 2003.
_______, Ibnu Hajar al. Tahjib al-Tahjib, Juz 1. Beirut: Daarul Kitab al-Ilmiyah, 1996.
Awidah, Kamal Muhammad. Ibnu Majah, Cet 1. Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyah,1996.
Dosen Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin, TH-Press, 2009,.
Hibban, Ibnu. Shahih Ibnu Hibban, Juz 5. Beirut: Daar al-Fikr, t.tp.
Katsir, Abu Fida Ibn. Jami’ al-Musnad wa al-Sunan. Beirut: Daarul al-Kutub al-Ilmiyah, 1990.
Lidwa Pustaka, 2010
Majah, Ibnu. Terjemah Ibnu Majah. Semarang: as-Syifa, 1992.
Mursi, Muhammad Sa’id. Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, terj. Amru Harahap dan Achmad Fauzan. Jakarta: Pustaka Kautsar, 2007.
Mursi, Muhammad Sa’id. Tokoh-tokoh Besar Sepanjang Sejarah. Jakarta: Pustaka Kautsar, 2007.
Razi, Ibnu Abi Khatim ar. At-Ta’dil wa at-Tajrih, Juz 1 Beirut: Daarul al-Fikr, t.tp.
Syuyuthi, Al-Jalal as. Is’af Mubtha birijal aal-Muwattha, Juz 1 Beirut: Daarul al-Kutub al-Ilmiyah, t.tp.
Zahabi, Al. al-‘ibra Fi Akhbari Min Ghabri Juz 6. Beirut: Daarul al-Kutub al-Ilmiyah, 1985.

­­­­_______, Al. Syiar A’lam wa al-Nubala’. Beirut: al-Risalah, 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar