Tafsir Ibn Athiyah

TAFSIR IBN ATHIYYAH

A.    LATAR BELAKANG
            Tafsir Ibn Athiyyah adalah karya Andalusia yang dikenal di barat maupun timur dan penulisnya termasuk tokoh ulama abad 6, yaitu Ibn Athiyyah. Ibn athiyyah adalah seorang ulama yang mempunyai kecerdasaan dan memiliki kemampuan dalam berbagai bidang ilmu.    Kitab Tafsir Ibn Athiyyah banyak digunakan oleh ulama untuk menjadi rujukan, sepertiIbn Taimiyyah, Ad-Dzahabi, Ibn Zubair, Ibn Farihun. kitab tafsir lain menjadikan Tafsir Ibnu `Aṭiyyah sebagai salah satu rujukan utama. Hal ini mengindikasikan bahwa Tafsir Ibnu `Aṭiyyah memang diterima luas di kalangan ulama.
            Makalah ini mencoba mendeskripsikan gambaran umum tentang biografi Ibn Athiyyah, kemudian akan mendeskripsikan penilaian ulama tentang tafsir Ibn Athiyyah dan metode penafsiran yang digunakannya.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sosok  Ibn Athiyah penulis kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz?
2.      Bagaimana sistematika, metode dan kategori penafsiran dalam kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz?
3.      Bagaimana penilaian ulama  tentang kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz serta contohnya?

C.    TUJUAN PENULISAN
1.      Untuk menguraikan biografi Ibn Athiyyah
2.      Untuk mendeskripsikan sistematika, metode serta kategori yang digunakan dalam kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz
3.      Untuk mengemukakan penilaian ulama serta contoh penafsiran dalam kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz

D.    PEMBAHASAN
1.      Sekilas tentang Ibn Athiyyah
Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdul Haq bin Gholib bin Abdurrahman bin Gholib bin Abdurrauf bin Tamam bin Abdullah bin Tamam bin Athiyah bin Kholid bin Athiyah al Maharabi. Dilahirkan pada tahun 480 H, meninggal di Lorka, Murcia Spanyol tahun 546 H.
Ibn Athiyyah hidup di kalangan intelektual. Ayahnya adalah seorang ulama besar, di bawah asuhan ayahnya beliau mengawali masa belajarnya, Beliau terkenal dengan pemuda yang suka membaca buku selain itu beliau juga terkenal dengan kecerdasannya sehingga tidak heran beliau pandai menguasai dalam beberapa bidang ilmu. Seperti Tafsir, Hadis, Fiqh, Bahasa dan Sastra. Sein belajar kepada ayahnya beliau juga belajar kepada al-Hafidz Husain bin muhammad bin Ahmad, Abu Ali Husain bin Muhammad, Abu Hasan Ali bin Ahmad, Abu Muhammad Abdurrahman bin Muhammad al Qurthubi.

2.      Sistematika, Metode serta kategori kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz
Mengenai sistematika dari kitab tafsir ini beliau menyusunnya dengan tertib mushafi yaitu dari al- Fatihah sampai surat an-Nas. Kemudian beliau memulai menafsirkan ayat dengan menyantumkan ayatnya serta memberikan penjelasan tentang klasifikasi apakah surat ini termasuk makiyah atau Madaniyah, dan menjelaskan atas pemberian nama surat. Setelah itu baru penjelasan kata perkata dari setiap ayat berdasarkan hadis-hadis nabi, kemudian memberi penjelasan tentang macam-macam Qira’ah menyangkut ayat tadi bila ada. Dan beliau juga menjelaskan dari pendapat dari ulama serta pendapat yang beliau pilih.
Metode yang digunakan yaitu metode tahlili. Yaitu metode yang berusaha menafsirkan ayat al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercangkup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan. Sebelum masuk kedalam penafsirannya beliau menulis :
·         moqodimah,
·         penjelasan tentang keutamaan al-Qur’an,
·         keutamaan menafsirkan al-Qur’an,
·         tingkatan mufasir,
·         penerangan makna sabda Rasul bawasanya al-Qur’an turun dalam tujuh huruf,
·         kodifikasi Al-Qur’an,
·         penjelasan tentang bahasa yang dipakai di dalam al-Qur’an serta bahasa Arab dan bahasa selain Arab,
·         penjelasan tentang isti’adah dan basmalah.
Dr. Abdussalam pada muqaddimahnya di kitab al-Muharrar mengatakan bahwa tafsir al Muharrar termasuk tafsir katagori tafsir Iqtiran. Sedangkan menurut Muhammad Husain ad-Dzahabi al Muharrar termasuk kategori tafsir bil ma’tsur yang mana kitab al Muharar ini tergolong tafsir urutan nomor lima dari delapan kitab tafsir bi al-ma’tsur pilihan beliau. Abdussalam menguatkan pendapatnya berdasarkan fakta bahwa Ibn Athiyah selalu menampilkan tafsir yang bersumber dari Raulullah, sahabat, dan tabi’in. Di saat yang sama pula ibn Athiyah melakukan Tarjih dengan bersandar pada bahasa dan syi’ir Arab.
Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam tafsir ini dapat di golongkan dalam dua katagori yaitu al ma’tsur wa al ra’yi yang kedua al-ma’tsur saja.

3.      Contoh penafsiran dalam kitab al-Muharrar dan penilaian ulama’.
Penafsiran yang dilakukan oleh Ibn Athiyah adalah merupakan penafsiran berkategorikan  al-Ma’tsur, hal ini senada dengan pendapat yang dikatakan oleh Muhammad Husen al-Dhahabi dalam kitabnya al-tafsir wa al-Mufassirun. Sebelum kita menampilkan beberapa contoh penfsiran beliau, berikut devinisi tentang apa itu penafsiran bi al-Ma’tsur.
Tafsir al-Ma’tsur adalah tafsir yang mencakup tentang empat hal, yaitu menafsirkan al-Qur’an dengan al-Qur’an, sunnah, riwayah sahabat dan riwayat tabi’in. Berikut contoh penafsiran ibn Athiyyah:

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)
قال ابن عباس : { العصر } : الدهر ، يقال فيه عصر وعصر بضم العين والصاد ، وقال امرؤ القيس :
وهل يعمن من كان في العصر الخالي ... وقال قتادة : { العصر } العشي ، وقال ابي بن كعب : سألت النبي صلى الله عليه وسلم عن العصر فقال : « أقسم ربكم بآخر النهار » ، وقال بعض العلماء : وذكره أبو علي { العصر } : اليوم ، { والعصر } الليلة ومنه قول حميد : [ الطويل ]
ولن يلبث العصران يوم وليلة ... إذا طلبا أن يدركا ما تيمما
وقال بعض العلماء : { العصر } : بكرة والعصر : عشية وهما الأبردان ، وقال مقاتل : { العصر } هي الصلاة الوسطى أقسم بها ، و { الإنسان } اسم الجنس ، و « الخسر » : النقصان وسوء الحال ، وذلك بين غاية البيان في الكافر لأنه خسر الدنيا والآخرة ، وذلك هو الخسران المبين ، وأما المؤمن وإن كان في خسر دنياه في هرمه وما يقاسيه من شقاء هذه الدار فذلك معفو عنه في جنب فلاحه في الآخرة وربحه الذي لا يفنى ، ومن كان في مدة عمره في التواصي بالحق والصبر والعمل بحسب الوصاة فلا خسر معه ، وقد جمع له الخير كله ، وقرأ علي بن أبي طالب : « والعصر ونوائب الدهر إن الإنسان » ، وفي مصحف عبد الله : « والعصر لقد خلقنا الإنسان في خسر » ، وروي عن علي بن أبي طالب أنه قرأ « إن الإنسان لفي خسر وإنه فيه إلى آخر الدهر إلا الذين » ، وقرأ عاصم والأعرج : « لفي خسُر » بضم السين ، وقرأ سلام أبو المنذر : « والعصِر » بكسر الصاد « وبالصبٍر » بكسر الباء ، وهذا لا يجوز إلا في الوقف على نقل الحركة ، وروي عن أبي عمرو : « بالصبِر » بكسر الباء إشماماً ، وهذا أيضاً لا يكون إلا في الوقف . نجز تفسير سورة  العصر  .
            Ketika penafsirkan kata العصر  Ibn Athiyyah menampilkan riwayat Ibn Abbas dengan redaksi قال ابن عباس (العصر) الدهر   yang bermakna Masa/Zaman. Kemudian beliau menampilkan riwayat Qatadah dengan redaksi: قال قتادة (العصر) العشي   yang bermakna Senja/Waktu Isya’ serta riwayat Ubay bin ka’ab
قال ابي بن كعب: سألت النبي صلى الله عليه و سلم عن العصرفقال : اقسم ربكم باخر النهار
Yang bermakna Tuhan kalian bersumpah di akhir siang. Maka dapat disimpulkan dari beberapa contoh di atas bahwa penafsiran beliau termasuk model penafsiaran al-Ma’tsur.
            Saat bersinggungan dengan ayat-ayat yang bertemakan ilmu kalam, Ibn Athiyyah tidak menjelaskannya kecuali dengan menampilkan beberapa pendapat ulama’ kalam, Sehingga Muhammad Husen al-Dhahabi mengatakan bahwa Ibn Athiyyah tampak lebih condong kepada kelompok rasional seperti Mu’tazilah, berikut contohnya:
وقوله تعالى : { للذين أحسنوا الحسنى وزيادة } الآية ، قالت فرقة وهي الجمهور : { الحسنى } الجنة و « الزيادة » النظر إلى وجه الله عز وجل ، وروي في نحو ذلك حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم رواه صهيب ، وروي هذا القول عن أبي بكر الصديق وحذيفة وأبي موسى الأشعري وعامر بن سعد وعبد الرحمن بن أبي ليلى ، وروي عن علي بن أبي طالب أنه قال : « الزيادة » غرفة من لؤلؤة واحدة ، وقالت فرقة { الحسنى } هي الحسنة ، و « الزيادة » هي تضعيف الحسنات إلى سبعمائة فدونها حسبما روي في نص الحديث ، وتفسير قوله تعالى : { والله يضاعف لمن يشاء } [ البقرة : 261 ] ، وهذا قول يعضده النظر ولولا عظم القائلين بالقول الأول لترجح هذا القول ،
            Ibn Athiyyah memaparkan pendapat mayoritas ulama’ yang memaknai kataالحسنى  dengan  surga dan memaknai kata وزيادة  dengan melihat Allah. Namun Ibn Athiyyah memilih pendapat yang berbeda, yakni yang dimaksud dengan زيادة  adalah melipat gandakan kebaikan, Ibn Athiyyah berkata: Andai saja pendapat pertama tidak didukung mayoritas ulama’, Maka pendapat pendapat kedua lebih unggul. Selanjutnya Ibn Athiyyah memaparkan keunggulan pendapat yang beliau pilih.
            Tafsir al-Muharrar al-Wajiz memang banyak mempunyai kelebihan, seperti halnya Abu Hayyan di dalam muqaddimah tafsirnya mengtakan bahwa beliau telah menyimpulkan perbandingkan Tafsir al-Muharrar al-Wajiz dengan kitab tafsirnya al-Zamakhsyari lantas beliau berkata: Tafsirnya Ibn Athiyyah Anqal, wa Ajma’ wa Akhlas.dan Tafsirnya al-Zamakhsyari Akhlas wa al-Aghwas.
            Ibn Taimiyyah juga berkata bahwa: Tafsirnya Ibn Athiyyah lebih baik daripada Tafsirnya al-Zamakhsyari lebih Shaheh dari segi periwatan dan pembahsannya serta lebih jauh dari bid’ah.
            Ad-Dzahabi berkata: Beliau Ibn Athiyyah adalah gurunya para Mufassir, Beliau juga guru dalam bidang fiqh, dan dikalangan bangsa Arab beliau terkenal dengan seorang yang mempunyai sifat sosialisme yang tinggi.
            Ibn Zubair berkata: Beliau adalah seorang faqih yang mengerti tentang hukum-hukum, hadis, dan tafsir.
            Ibn Farihun berkata: Beliau adalah seorang faqiih yang ahli tafsir, hukum-hukum, hadis, fiqh, nahwu, bahasa, sastra serta kritikus yang baik.
            Sumber-sumber Rujukan Ibn Athiyyah
            Abdus Salam dalam pengatar al-Muharrar wa al-Wajiz membagi dua tempat tentang sumber-sumber rujukan Ibn Athiyyah:

1.                  Guru-gurunya
2.                  Kitab-kitab Tafsir
Berikut kitab-kitab tafsir yang menjadi rujukan Ibn Athiyyah:
1.                  Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Quran karya at-Thabari (W. 310 H)
2.                  Shifa’ al-Shudur karya Abu Bakar (W.351)
3.                  al-Tahsil li Fawaid kitab al-Tafsil al-Jami’ lil’ulum al-Tanzil karya Abu Abbas Ahmad bin ‘Ammar al-Mahdawi (W.430 H)
4.                  al-Hidayah ila Bulugh al-Nihayah karya Makki bin Abu Thalib al-Qissi (W.437)
Selain itu beliau juga merujuk kepada beberapa kitab hadis, ilmu qira’ah, bahasa (nahwu dan ma’ani), fiqh, dll.
Penamaan Kitab
            Dr. Abdul Wahab Faid mengatakan bahwa Ibn Athiyyah tidak memberikan nama yang khusus untuk kitab tafsirnya, orang yang pertama kali memberi nama tafsir Ibn Athiyyah dengan nama al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz adalah Mala Katib Halbi (W.1067H).

KESIMPULAN
Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdul Haq bin Gholib bin Abdurrahman bin Gholib bin Abdurrauf bin Tamam bin Abdullah bin Tamam bin Athiyah bin Kholid bin Athiyah al Maharabi. Dilahirkan pada tahun 480 H, meninggal di Lorka, Murcia Spanyol tahun 546 H. Beliau meyusun dengan tertib mushafi, sebelum memulai menafsirkan beliau menyantumkan ayat serta menjelaskan mana itu madaniyyah dan makaiyyah, metode yang dipakai beliau yaitu metide tahlili. Penafsiran yang dilakukan oleh Ibn Athiyah adalah merupakan penafsiran berkategorikan  al-Ma’tsur, Tafsir al-Muharrar al-Wajiz memang banyak mempunyai kelebihan, seperti halnya Abu Hayyan di dalam muqaddimah tafsirnya mengtakan bahwa beliau telah menyimpulkan perbandingkan Tafsir al-Muharrar al-Wajiz dengan kitab tafsirnya al-Zamakhsyari lantas beliau berkata: Tafsirnya Ibn Athiyyah Anqal, wa Ajma’ wa Akhlas.dan Tafsirnya al-Zamakhsyari Akhlas wa al-Aghwas.

DAFTAR PUSTAKA
Athiyyah, Ibn. al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz. Beirut: Dar al-kitab al-Ilmiyyah.
Baidan, Nashruddin. Metodologi Penafsiran al-Qur’an. Yogyakarta: Glagah UH IV/ 343, 1998.
Dzahabi, Muhammad Husain al. al-Tafsir wa al-Mufassirun. Jilid Mesir: Dar al-Kitab al-Hadisah, 1961.
Warson Ahmad, Munawwir. Surabaya: PustakaProgresif, 1197.


1 komentar: