TAFSIR IBN
ATHIYYAH
A.
LATAR BELAKANG
Tafsir Ibn
Athiyyah adalah karya Andalusia yang dikenal di barat maupun timur dan penulisnya
termasuk tokoh ulama abad 6, yaitu Ibn Athiyyah. Ibn athiyyah adalah seorang
ulama yang mempunyai kecerdasaan dan memiliki kemampuan dalam berbagai bidang
ilmu. Kitab Tafsir Ibn Athiyyah banyak digunakan oleh ulama untuk menjadi
rujukan, sepertiIbn Taimiyyah, Ad-Dzahabi, Ibn Zubair, Ibn
Farihun. kitab tafsir lain menjadikan Tafsir Ibnu `Aṭiyyah sebagai
salah satu rujukan utama. Hal ini mengindikasikan bahwa Tafsir Ibnu `Aṭiyyah
memang diterima luas di kalangan ulama.
Makalah
ini mencoba mendeskripsikan gambaran umum tentang biografi Ibn Athiyyah,
kemudian akan mendeskripsikan penilaian ulama tentang tafsir Ibn Athiyyah dan
metode penafsiran yang digunakannya.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana sosok Ibn Athiyah
penulis kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz?
2.
Bagaimana
sistematika, metode dan kategori penafsiran dalam kitab al-Muharrar al-Wajiz
fi Tafsir al-Kitab al-Aziz?
3.
Bagaimana
penilaian ulama tentang kitab al-Muharrar
al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz serta contohnya?
C.
TUJUAN PENULISAN
1.
Untuk menguraikan biografi Ibn Athiyyah
2.
Untuk mendeskripsikan sistematika, metode serta kategori yang
digunakan dalam kitab al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz
3.
Untuk
mengemukakan penilaian ulama serta contoh penafsiran dalam kitab al-Muharrar
al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz
D.
PEMBAHASAN
1.
Sekilas tentang Ibn Athiyyah
Nama lengkapnya
adalah Abu Muhammad Abdul Haq bin Gholib bin Abdurrahman bin Gholib bin Abdurrauf
bin Tamam bin Abdullah bin Tamam bin Athiyah bin Kholid bin Athiyah al Maharabi.
Dilahirkan pada tahun 480 H, meninggal di Lorka, Murcia Spanyol tahun 546 H.
Ibn Athiyyah
hidup di kalangan intelektual. Ayahnya adalah seorang ulama besar, di bawah
asuhan ayahnya beliau mengawali masa belajarnya, Beliau terkenal dengan pemuda
yang suka membaca buku selain itu beliau juga terkenal dengan kecerdasannya
sehingga tidak heran beliau pandai menguasai dalam beberapa bidang ilmu.
Seperti Tafsir, Hadis, Fiqh, Bahasa dan Sastra. Sein belajar kepada ayahnya
beliau juga belajar kepada al-Hafidz Husain bin muhammad bin Ahmad, Abu Ali Husain
bin Muhammad, Abu Hasan Ali bin Ahmad, Abu Muhammad Abdurrahman bin Muhammad al
Qurthubi.
2.
Sistematika, Metode serta kategori kitab al-Muharrar
al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz
Mengenai
sistematika dari kitab tafsir ini beliau menyusunnya dengan tertib mushafi
yaitu dari al- Fatihah sampai surat an-Nas. Kemudian beliau memulai menafsirkan
ayat dengan menyantumkan ayatnya serta memberikan penjelasan tentang
klasifikasi apakah surat ini termasuk makiyah atau Madaniyah, dan menjelaskan
atas pemberian nama surat. Setelah itu baru penjelasan kata perkata dari setiap
ayat berdasarkan hadis-hadis nabi, kemudian memberi penjelasan tentang
macam-macam Qira’ah menyangkut ayat tadi bila ada. Dan beliau juga menjelaskan
dari pendapat dari ulama
serta pendapat yang beliau pilih.
Metode yang
digunakan yaitu metode tahlili. Yaitu metode yang berusaha menafsirkan ayat
al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat
yang ditafsirkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercangkup di dalamnya
sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan. Sebelum
masuk kedalam penafsirannya beliau menulis :
·
moqodimah,
·
penjelasan tentang keutamaan al-Qur’an,
·
keutamaan menafsirkan al-Qur’an,
·
tingkatan mufasir,
·
penerangan makna sabda Rasul bawasanya al-Qur’an turun dalam tujuh
huruf,
·
kodifikasi Al-Qur’an,
·
penjelasan tentang bahasa yang dipakai di dalam al-Qur’an serta
bahasa Arab dan bahasa selain Arab,
·
penjelasan tentang isti’adah dan basmalah.
Dr. Abdussalam pada muqaddimahnya di kitab
al-Muharrar mengatakan bahwa tafsir al Muharrar termasuk tafsir katagori tafsir
Iqtiran. Sedangkan menurut Muhammad Husain ad-Dzahabi al Muharrar termasuk
kategori tafsir bil ma’tsur yang mana kitab al Muharar ini tergolong tafsir
urutan nomor lima dari delapan kitab tafsir bi al-ma’tsur pilihan beliau. Abdussalam
menguatkan pendapatnya berdasarkan fakta bahwa Ibn Athiyah selalu menampilkan
tafsir yang bersumber dari Raulullah, sahabat, dan tabi’in. Di saat yang sama
pula ibn Athiyah melakukan Tarjih dengan bersandar pada bahasa dan syi’ir Arab.
Jadi dapat
disimpulkan bahwa dalam tafsir ini dapat di golongkan dalam dua katagori yaitu
al ma’tsur wa al ra’yi yang kedua al-ma’tsur saja.
3.
Contoh
penafsiran dalam kitab al-Muharrar dan penilaian ulama’.
Penafsiran yang dilakukan oleh Ibn
Athiyah adalah merupakan penafsiran berkategorikan al-Ma’tsur, hal ini senada dengan pendapat
yang dikatakan oleh Muhammad Husen al-Dhahabi dalam kitabnya al-tafsir wa
al-Mufassirun. Sebelum kita menampilkan
beberapa contoh penfsiran beliau, berikut
devinisi tentang apa itu penafsiran bi al-Ma’tsur.
Tafsir al-Ma’tsur adalah tafsir yang
mencakup tentang empat hal, yaitu menafsirkan al-Qur’an dengan al-Qur’an,
sunnah, riwayah sahabat dan riwayat tabi’in. Berikut contoh penafsiran ibn
Athiyyah:
وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا
الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ
وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)
قال ابن عباس : { العصر } : الدهر ، يقال فيه عصر وعصر بضم العين
والصاد ، وقال امرؤ القيس :
وهل يعمن من كان في العصر الخالي ... وقال قتادة : { العصر } العشي ،
وقال ابي بن كعب : سألت النبي صلى الله عليه وسلم عن العصر فقال : « أقسم ربكم
بآخر النهار » ، وقال بعض العلماء : وذكره أبو علي { العصر } : اليوم ، { والعصر }
الليلة ومنه قول حميد : [ الطويل ]
ولن يلبث العصران يوم وليلة ... إذا طلبا أن يدركا ما تيمما
وقال بعض العلماء : { العصر } : بكرة والعصر : عشية وهما الأبردان ،
وقال مقاتل : { العصر } هي الصلاة الوسطى أقسم بها ، و { الإنسان } اسم الجنس ، و
« الخسر » : النقصان وسوء الحال ، وذلك بين غاية البيان في الكافر لأنه خسر الدنيا
والآخرة ، وذلك هو الخسران المبين ، وأما المؤمن وإن كان في خسر دنياه في هرمه وما
يقاسيه من شقاء هذه الدار فذلك معفو عنه في جنب فلاحه في الآخرة وربحه الذي لا
يفنى ، ومن كان في مدة عمره في التواصي بالحق والصبر والعمل بحسب الوصاة فلا خسر
معه ، وقد جمع له الخير كله ، وقرأ علي بن أبي طالب : « والعصر ونوائب الدهر إن
الإنسان » ، وفي مصحف عبد الله : « والعصر لقد خلقنا الإنسان في خسر » ، وروي عن
علي بن أبي طالب أنه قرأ « إن الإنسان لفي خسر وإنه فيه إلى آخر الدهر إلا الذين »
، وقرأ عاصم والأعرج : « لفي خسُر » بضم السين ، وقرأ سلام أبو المنذر : « والعصِر
» بكسر الصاد « وبالصبٍر » بكسر الباء ، وهذا لا يجوز إلا في الوقف على نقل الحركة
، وروي عن أبي عمرو : « بالصبِر » بكسر الباء إشماماً ، وهذا أيضاً لا يكون إلا في
الوقف . نجز تفسير سورة العصر .
Ketika penafsirkan
kata العصر Ibn
Athiyyah menampilkan riwayat Ibn Abbas dengan redaksi قال ابن عباس (العصر) الدهر yang bermakna
Masa/Zaman. Kemudian beliau menampilkan riwayat Qatadah dengan redaksi: قال قتادة (العصر) العشي yang bermakna
Senja/Waktu Isya’ serta riwayat Ubay bin ka’ab
قال ابي بن كعب: سألت النبي صلى الله عليه و سلم عن العصرفقال : اقسم
ربكم باخر النهار
Yang bermakna Tuhan kalian bersumpah di akhir siang. Maka
dapat disimpulkan dari beberapa contoh di atas bahwa penafsiran beliau termasuk
model penafsiaran al-Ma’tsur.
Saat bersinggungan
dengan ayat-ayat yang bertemakan ilmu kalam, Ibn Athiyyah tidak menjelaskannya
kecuali dengan menampilkan beberapa pendapat ulama’ kalam, Sehingga Muhammad
Husen al-Dhahabi mengatakan bahwa Ibn Athiyyah tampak lebih condong kepada
kelompok rasional seperti Mu’tazilah, berikut contohnya:
وقوله تعالى : { للذين أحسنوا الحسنى وزيادة } الآية ، قالت فرقة وهي
الجمهور : { الحسنى } الجنة و « الزيادة » النظر إلى وجه الله عز وجل ، وروي في
نحو ذلك حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم رواه صهيب ، وروي هذا القول عن أبي بكر
الصديق وحذيفة وأبي موسى الأشعري وعامر بن سعد وعبد الرحمن بن أبي ليلى ، وروي عن
علي بن أبي طالب أنه قال : « الزيادة » غرفة من لؤلؤة واحدة ، وقالت فرقة { الحسنى
} هي الحسنة ، و « الزيادة » هي تضعيف الحسنات إلى سبعمائة فدونها حسبما روي في نص
الحديث ، وتفسير قوله تعالى : { والله يضاعف لمن يشاء } [ البقرة : 261 ] ، وهذا
قول يعضده النظر ولولا عظم القائلين بالقول الأول لترجح هذا القول ،
Ibn Athiyyah
memaparkan pendapat mayoritas ulama’ yang memaknai kataالحسنى dengan
surga dan memaknai kata وزيادة dengan melihat Allah. Namun Ibn Athiyyah
memilih pendapat yang berbeda, yakni yang dimaksud dengan زيادة adalah melipat gandakan kebaikan, Ibn
Athiyyah berkata: Andai saja pendapat pertama tidak didukung mayoritas ulama’,
Maka pendapat pendapat kedua lebih unggul. Selanjutnya Ibn Athiyyah memaparkan
keunggulan pendapat yang beliau pilih.
Tafsir al-Muharrar
al-Wajiz memang banyak mempunyai kelebihan, seperti halnya Abu Hayyan di dalam
muqaddimah tafsirnya mengtakan bahwa beliau telah menyimpulkan perbandingkan
Tafsir al-Muharrar al-Wajiz dengan kitab tafsirnya al-Zamakhsyari lantas beliau
berkata: Tafsirnya Ibn Athiyyah Anqal, wa Ajma’ wa Akhlas.dan Tafsirnya
al-Zamakhsyari Akhlas wa al-Aghwas.
Ibn Taimiyyah juga
berkata bahwa: Tafsirnya Ibn Athiyyah lebih baik daripada Tafsirnya
al-Zamakhsyari lebih Shaheh dari segi periwatan dan pembahsannya serta lebih
jauh dari bid’ah.
Ad-Dzahabi
berkata: Beliau Ibn Athiyyah adalah gurunya para Mufassir, Beliau juga guru
dalam bidang fiqh, dan dikalangan bangsa Arab beliau terkenal dengan seorang
yang mempunyai sifat sosialisme yang tinggi.
Ibn Zubair
berkata: Beliau adalah seorang faqih yang mengerti tentang hukum-hukum, hadis,
dan tafsir.
Ibn Farihun
berkata: Beliau adalah seorang faqiih yang ahli tafsir, hukum-hukum, hadis,
fiqh, nahwu, bahasa, sastra serta kritikus yang baik.
Sumber-sumber
Rujukan Ibn Athiyyah
Abdus Salam dalam
pengatar al-Muharrar wa al-Wajiz membagi dua tempat tentang sumber-sumber
rujukan Ibn Athiyyah:
1.
Guru-gurunya
2.
Kitab-kitab Tafsir
Berikut kitab-kitab tafsir yang menjadi rujukan Ibn Athiyyah:
1.
Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Quran karya at-Thabari (W. 310
H)
2.
Shifa’ al-Shudur karya Abu Bakar (W.351)
3.
al-Tahsil li Fawaid kitab al-Tafsil al-Jami’ lil’ulum al-Tanzil
karya Abu Abbas Ahmad bin ‘Ammar al-Mahdawi (W.430 H)
4.
al-Hidayah ila Bulugh al-Nihayah karya Makki bin Abu Thalib al-Qissi
(W.437)
Selain itu beliau juga merujuk kepada beberapa kitab hadis, ilmu
qira’ah, bahasa (nahwu dan ma’ani), fiqh, dll.
Penamaan Kitab
Dr. Abdul Wahab
Faid mengatakan bahwa Ibn Athiyyah tidak memberikan nama yang khusus untuk
kitab tafsirnya, orang yang pertama kali memberi nama tafsir Ibn Athiyyah
dengan nama al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz adalah Mala Katib
Halbi (W.1067H).
KESIMPULAN
Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdul Haq bin Gholib bin
Abdurrahman bin Gholib bin Abdurrauf bin Tamam bin Abdullah bin Tamam bin
Athiyah bin Kholid bin Athiyah al Maharabi. Dilahirkan pada tahun 480 H,
meninggal di Lorka, Murcia Spanyol tahun 546 H. Beliau meyusun dengan tertib
mushafi, sebelum memulai menafsirkan beliau menyantumkan ayat serta menjelaskan
mana itu madaniyyah dan makaiyyah, metode yang dipakai beliau yaitu metide
tahlili. Penafsiran yang dilakukan oleh Ibn
Athiyah adalah merupakan penafsiran berkategorikan al-Ma’tsur, Tafsir al-Muharrar al-Wajiz
memang banyak mempunyai kelebihan, seperti halnya Abu Hayyan di dalam
muqaddimah tafsirnya mengtakan bahwa beliau telah menyimpulkan perbandingkan
Tafsir al-Muharrar al-Wajiz dengan kitab tafsirnya al-Zamakhsyari lantas beliau
berkata: Tafsirnya Ibn Athiyyah Anqal, wa Ajma’ wa Akhlas.dan Tafsirnya
al-Zamakhsyari Akhlas wa al-Aghwas.
DAFTAR PUSTAKA
Athiyyah, Ibn. al-Muharrar
al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-Aziz. Beirut: Dar al-kitab al-Ilmiyyah.
Baidan, Nashruddin. Metodologi Penafsiran al-Qur’an. Yogyakarta:
Glagah UH IV/ 343, 1998.
Dzahabi, Muhammad
Husain al. al-Tafsir wa
al-Mufassirun. Jilid Mesir: Dar al-Kitab
al-Hadisah, 1961.
Warson Ahmad, Munawwir. Surabaya: PustakaProgresif, 1197.
Terimakasih atas biografi nya, bermanfaat sekali
BalasHapus